Pentingnya JDIH sebagai Basis Data Informasi Hukum, Bagian Hukum Setko Padang menjadi Pembicara pada Kegiatan yang Diselenggarakan Kanwil Kumham Sumbar

Padang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyelenggarakan Kegiatan Penguatan Peran Anggota JDIH untuk mendukung basis data informasi hukum pada Perguruan Tinggi di Sumatera Barat di Axana Hotel Padang, Selasa (05/03).

Diikuti oleh Kepala Pustaka dan Pengelola Website dari Perguruan Tinggi se-Sumatera Barat menghadirkan Narasumber dari Kabag Hukum Setda Kota Padang Rita Engleni, Pranata Komputer Ahli Muda Dinas Kominfo Kota Padang  Agus Salim dan Pusdok JDIHN BPHN Katarina Rosarina.

Kegiatan diawali pembacaan Laporan Ketua Penyelenggara oleh Kasubid JDIH Budy Arilia yang menyampaikan tujuan dari kegiatan ini sebagai penguatan dalam rangka peningkatan kinerja pengelola JDIH Perguruan Tinggi guna meningkatkan jumlah dan kualitas database Dokumen Hukum Perguruan Tinggi di Provinsi Sumatera Barat yang terintegrasi secara nasional dalam website JDIHN.

Mewakili Kepala Kantor Wilayah, Ruliana Pendah Harsiwi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyampaikan Kanwil Kemenkumham sendiri menjadi perpanjangan tangan bagi Badan Pembinaan Hukum Nasional untuk menjadi pembina JDIH kepada seluruh Sekda/Sekwan dan Universitas yang sudah di atur didalam Peraturan Presiden No 33 Tahun 2012 tersebut bahwa organisasi JDIHN sendiri terdiri atas pusat atau (JDIHN) dan anggota JDIHN yang salah satunya universitas atau perguruan tinggi. Dengan adanya JDIHN ini masyarakat luas akan lebih mengetahui dan mengerti tentang hukum, produk hukum dan monografi hukum sehingga penyebarluasan informasi hukum kepada masyarakat tidak akan sulit lagi.

 Pranata Komputer Ahli Muda, Agus Salim, dalam paparannya menyampaikan perkembangan JDIH  saat ini. Ia menekankan pentingnya JDIH sebagai wadah informasi hukum yang mudah diakses oleh berbagai pihak dengan mudah, cepat, lengkap dan akurat.

“Selain itu, JDIH juga berperan penting dalam penilian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Indeks Reformasi Hukum (IRH), dan kategori penilaian JDIH untuk tahun 2024,” jelas Agus Salim. 

Tahun 2024 Kota Padang mendapatkan peringkat 8 Nasional website JDIH kategori EKA ACALAPATI, sedangkan untuk indeks SPBE mendapatkan nilai 3.54  (Sangat Baik) Peringkat Satu Kota di Provinsi Sumatera Barat.

“Pada kesempatan ini kami berharap agar semua Universitas atau Perguruan Tinggi yang hadir bisa memiliki JDIH nya sendiri dan terintegrasi dengan JDIHN dalam rangka mewujudkan basis data yang akurat menuju satu data dokumen hukum Indonesia”, tutup Agus dalam paparannya.

 

Super Administrator

Wujudkan Basis Data Informasi Hukum menuju Satu Data Dokumen Hukum Indonesia

Tinggalkan Komentar

Kantor :
Jl. Bagindo Aziz Chan No.1
Komplek Balai Kota Padang Lt.III Aie Pacah, Padang
Phone: 081365537080
Fax: 0751-8051019
Email: info@jdih.padang.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN

Hari Ini: 534
Kemarin: 625
Tahun Ini: 55776
Semua: 649662

Aplikasi JDIH Kota Padang Sekarang Tersedia di Google Play