Padang Menuju Kota yang Bersih

Terhitung 1 Oktober 2015 Pe­raturan Daerah (Per­da) Kota Pa­dang Nomor 21 tahun 2012 yang me­ngatur tentang pe­ngelolaan sampah res­mi berlaku untuk seluruh Kota Pa­dang.

Dengan berlakunya Perda ini di seluruh Ko­ta Padang, maka siapapun yang kedapatan mem­buang sampah sembarangan akan di­kenakan hu­kuman tindak pidana ringan be­rupa kurungan 3 bulan atau denda Rp 5 juta.

Perda tersebut juga diikuti dengan instruksi Walikota Padang nomor 660/12.76/PK2L-BPDL/2015 yang dike­luarkan 10 September lalu, setiap Camat dan Lurah juga ikut ber­tang­gung jawab dengan kebersihan di wilayahnya masing-masing.

Camat dan Lurah nantinya bisa me­nun­juk petugas yang mengawasi ma­syarakat yang mem­buang sampah sem­barangan dan mengambil tindakan de­ngan meminta KTP/iden­titas yang ber­sangkutan u­n­tuk dipro­ses secara hu­kum atau tipiring sesuai perda ter­sebut.

Meski sudah ada Perda yang me­nga­tur tentang pengelolaan sampah di Kota Padang, namun masih kita te­mukan sampah berse­rakan. Masih saja ada warga yang membuang sam­pah sembarangan. Artinya, kesadaran warga tentang pentingnya kebersihan belum menyeluruh.

Kita masih menemukan dan me­nyak­sikan pengunjung objek wisata yang membuang sampah seenaknya. Ada juga yang mem­buang plastik bekas bungkusan makanan dari dalam kendaraan. Perilaku seperti ini harus lah di buang jauh-jauh untuk menja­dikan Kota Padang yang bersih.

Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Tinggalkan Komentar

Kantor :
Jl. Bagindo Aziz Chan No.1
Aie Pacah, Padang
Phone: 000-0000-0000
Fax: 000-0000-0000
Email: info@jdih.padang.go.id

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: